Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Bacaan doa iftitah yang akan kami tulis tuntunansholat.com adalah 2 macam bacaan doa iftitah/ doa istiftah yang shahih dalam sholat. sebagaimana sebuah penelitian yang dilakukan oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullah terhadap dalil-dalil mengenai doa istiftah. Dan berikut ini merupakan lafadz bacaan doa iftitah bahasa arab serta tulisan latin dan juga artinya yang selalu dibaca dalam sholat.

bacaan doa iftitah 1 lengkap arab, latin dan artinya

bacaan Doa Iftitah lengkap artinyaBacaan doa iftitah 1 Artinya :

Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim).

Ada juga bacaan doa iftitah lainnya yang berbeda dari bacaan diatas yang akan kami paparkan dibawah ini. Sebagaimana yang telah kami pelajari, bacaan doa iftitah/istiftah dibawah ini merupakan bacaan doa iftitah yang bisa anda baca selain bacaan diatas. Dan berikut adalah lafadz bacaannya :

Bacaan Doa Iftitah/Istiftah 2

bacaan doa Doa Iftitah Istiftah dan artinyaDoa Iftitah/Istiftah 2 Artinya :

“Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju, dan air dingin”

Sebagaimana disebutkan diatas, bahwa bacaan doa iftitah ada beberapa macamnya. Yang  Paling penting dari semua versi bacaan doa iftitah itu bersumber dari petunjuk nabi Muhammad SAW. Karena doa iftitah itu merupakan bagian dari rangkaian ibadah shalat, sedangkan kita dalam mengerjakan shalat itu wajib merujuk kepada yang dicontohkan oleh beliau SAW.

Sekian dari kami hari ini semoga Kita pada hari ini bisa mempelajari ilmu agama menjadi lebih baik dengan mengerti tentang bacaan doa iftitah arab, dan arti terjemahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *