Waktu Sholat Muthalaq Beserta Niatnya

Waktu Sholat Muthalaq Beserta Niatnya – Assalamualaikum WR.WB,Alhamdullilahirobilalamin kami panjatkan rasa syukur kami kepada Allah SWT yang selalu melimpahkan Rahmat,Inayah-Nya kepada kami semua dan atas se izin Allah SWT kami akan memberikan sebuah artikel tuntunan sholat tentang Waktu Sholat Muthalaq Beserta Niatnya

Sholat sunnah muthalaq adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu kapan saja,kecuali pada waktu yang terlerang untuk mengerjakan waktu sholat sunnah dan jumlah raka’atnya tidak terbatas.

sholat

Sholat sunnah Muthalaq yakni sunnah yang tak bersebab,bukan karena masuk ke masjid,bukan karena sholat qalbiyah atau ba’diyah sholat fardu dan lain lainnya.Sholat ini semata-mata sholat sunnah muthalaq,kapan dan dimana saja boleh dilakukannya,asal jangan di waktu haram.

Adapun waktu waktu yang diharamkan untuk mengerjakan sholat sunnah ialah:

  1. Waktu matahari sedang terbi,sehingga naik setombak/lembing
  2. Ketika matahari sedang dipuncak ketinggianya hingga tergelincirnya.Kecuali pada hari jum’at ketika orang masuk masjid untuk mengerjakan sholat tahiyatul masjid
  3. Sesudah sholat ashar sampei terbenam matahari
  4. Sesudah sholat subuh hingga terbit matahari agak tinggi
  5. Ketika matahari sedang terbenam sampai sempurna terbenamnya.

Lafadzh Niat Sholat Muthalaq :

“Ushalli sunnatar rak’ataini lillahi ta’aalaa.Allaahu akbar.”

Artinya:

“Aku niat sholat sunnah dua raka’at karena Allah.Allahu Akbar”

Sholat sunnah tidak terbatas,beberapa saja yang sanggup kita laksanakan,dan tiap tiap dua raka’at dua raka’at satu salam.

Itulah artikel tuntunan sholat tentang Waktu Sholat Muthalaq Beserta Niatnya yang bisa kami berikan kepada anda semua,dan jangan lupa baca juga artikel sebelumnya tentang  Syarat Dan Ketentuan Sholat Jama’ah  saya berharap semua informasi atau artikel yang kami berikan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat dan ridhoi oleh Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *